Yayasan Sahabat Valencia Peduli    Blood4LifeID.com    3LitAngels   

Ayo #DukungFilmIndonesia.


Support Night Bus Movie    save our children - cosmic clothes   

Sponsor

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Astra International untuk Ruang Inspirasi Astra

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Kansai Paint - Official Coating of Rumah Harapan

TRACare - Official Transport of Rumah Harapan

JYSK

JYSK

JYSK>

Happy Eating, Go Langsing!

 

Bulan puasa tidak lengkap tanpa acara bukber alias buka bersama. Itu pula yang kami lakukan saat bulan Ramadhan lalu, tepatnya pada Selasa, 7 Juli 2015. Tapi tentu kalau hanya sekedar berbuka puasa saja rasanya kurang seru, makanya kami juga mengundang Mbak Nunny Hersianna, penulis buku Happy Eating, Go Langsing. Penasaran?

 

Happy Eating, Go Langsing adalah cara makan yang dikampanyekan Mbak Nunny. Tapi sebelum jauh bercerita, ini bukan program diet loh. Justru, dalam program ini kita bisa makan apa aja, asal dengan tiga syarat utama, yaitu Variatif, Moderat, dan Seimbang. Variatif artinya menu yang kita makan harus beragam, tidak membosankan. Moderat artinya kita menjaga jumlah asupan yang kita makan. Jangan sampai kekenyangan yang berlebihan yang malah mengganggu pencernaan. Berimbang artinya semua jenis menu yang kita makan tidak berlebihan.

 

Nah, jika syarat ini sudah terpenuhi, kita juga harus menjalankan tiga langkah penting saat mulai makan, yaitu Why, What, How. Mengapa kita makan, apa yang kita makan, dan bagaimana kita makan.

 

CJTSBKpVEAIb3Q9

 

Pertama, mengapa kita makan? Ada orang yang makan karena “lapar mata”. Setiap melihat makanan yang menggugah selera, langsung ingin makan, Ini didukung oleh cara kerja industri makanan yang membuat paket murah atau pemasaran yang jitu, hingga kondisi “lapar mata” itu makin “menggila”. Ada juga yang baru makan ketika kepala sudah pusing atau perut sudah terasa sakit karena maagnya kambuh. Nah, ini yang namanya telat makan. Ini juga tidak baik.

 

Kedua, apa yang kita makan. Ini hampir sama dengan menu makan yang variatif, moderat, dan berimbang. Masih ingat dengan pepatah bijak “you are what you eat”? Nah, memperhatikan makanan apa yang kita asup adalah hal penting karena dalam jangka panjang akan mempengaruhi kesehatan kita.

 

Ketiga, bagaimana kita makan. Nah, yang ini berkaitan dengan “happy eating”. Saat kita makan, kita harus memusatkan perhatian pada makanan yang kita makan. Jangan sambil mainan ponsel atau hal-hal lain yang membuat kita tidak meresapi makanan kita. Sambil mengunyah pelan-pelan, kita juga dianjurkan untuk mensyukuri apa yang kita makan dan menyadari berapa banyak orang yang sudah berjasa hingga makanan tersebut bisa sampai ke meja makan kita. “Nikmati, kenali aroma, tekstur, dan rasanya. Saat lidah kita peka, maka tubuh kita akan menolak makanan yang secara kualitas buruk,” ujar Mbak Nunny.

 

Bagaimana soal “go langsing”? Ini sama saja dengan syarat klasik yang lama beredar, yaitu kita harus menjaga pola makan, olahraga atau banyak bergerak, dan berbahagia! Mbak Nunny punya metafora yang bagus sekali soal pentingnya menjaga pola makan. Ibaratkan lambung kita adalah sebuah blender. “Kalau blender kita isi banyak makanan dan memblender dengan tombol ketiga, pasti blendernya akan cepat rusak. Bandingkan jika blendernya kita isi secukupnya dan hanya diblender dengan tombol 1, blendernya pasti awet,” kata Mbak Nunny. Hmm.. benar juga ya…

 

Habis dengar pencerahan dari Mbak Nunny, langsung deh pengen benarin cara makan. Tapi sebelumnya, tentu setelah acara kami foto-foto narsis dulu dong.

 

CJTj_o2VAAAmPQ8

 

Terima kasih banyak untuk Mbak Nunny yang sudah kasih ilmu sehatnya untuk kami semua di Rumah Harapan VCF. Kapan-kapan datang lagi ya, mbak!

 

 

One Response to Happy Eating, Go Langsing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>