Yayasan Sahabat Valencia Peduli    Blood4LifeID.com    3LitAngels   

Ayo #DukungFilmIndonesia.


Support Night Bus Movie    save our children - cosmic clothes   

Sponsor

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Astra International untuk Ruang Inspirasi Astra

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Kansai Paint - Official Coating of Rumah Harapan

TRACare - Official Transport of Rumah Harapan

JYSK

JYSK

JYSK>

Kelas Inspirasi 4: Live Smart ala Pak Henky

 

Alhamdulillah, Puji Tuhan, kami masih bisa terus membuat Kelas Inspirasi (KI) setiap bulannya. Maret ini, tepatnya tanggal 7 kemarin, adalah kali keempat Kelas Inspirasi Rumah Harapan VCF diadakan. Tentu saja dengan para pembicara yang selalu keren dan rela berbagi ilmu secara gratis. Kali ini, pembicaranya ada Pak Henky S. Chahyadi dari PT Smart Tbk. Pak Henky datang bersama timnya; Ibu Kristin, Pak Tio dari Pelikan (Peduli Konseling Nusantara), dan Pak Hero. Oiya, Kelas Inspirasi tentu saja selalu didukung oleh Astra International.

 

Pak Henky, pembicara KI ke-4 adalah seorang f.one coach. Jangan salah dengan f1 alias balap Formula 1 ya, karena f.one di sini artinya adalah “Follow up until well dONE”. Prinsip ini berhubungan erat dengan “self discovery”, “live smart”, dan “FIRE” alias Fresh Insight to Revive Everyone. Supaya enggak bingung, makanya simak terus deh penjelasan Pak Henky, orang yang ada di balik kesuksesan program CSR PT Smart Tbk di Tangerang Selatan, hingga program CSR-nya terpilih sebagai pemenang ¬†MDG Award 2013.

 

Dengan tema Self Discovery dan Live Smart, Pak Henky mengingatkan kita semua dengan satu pertanyaan penting. “Apakah Anda sudah mengenal diri Anda sendiri?” Nah, kadang-kadang, kita merasa diri kita kurang berarti atau kurang hebat dibanding teman-teman atau orang-orang di sekitar kita. Padahal menurut Pak Henky, setiap orang punya kekuatan dan kelebihannya masing-masing. “Tuhan tidak menitipkan solusi hanya ke satu orang saja, tapi ke setiap orang. Semua orang bisa menjadi solusi atas masalah yang terjadi di dunia ini,” tandas Pak Henky.

 

Lalu bagaimana caranya kita bisa menjadi solusi bagi orang lain? Di sinilah rumus FIRE dipakai. Fresh Insight to Revive Everyone. Atau kira-kira artinya, sebuah pemikiran atau langkah yang segar untuk membangkitkan lagi semangat atau energi setiap orang. FIRE akan membuat kita mampu Menyalakan Inspirasi dan Menyatakan Aspirasi kita.

 

Tapi sebagai langkah awal, tentu saja kita harus mengenal diri kita sendiri terlebih dahulu. Kita harus tahu apa kelebihan dan kekurangan kita. Dari situ, kita lalu bisa memanfaatkan potensi yang kita miliki untuk menjadi solusi bagi hidup kita dan hidup orang lain. Ada banyak cara untuk mengenal diri sendiri. Nah, kemarin Pak Henky memberikan para peserta KI semacam kuisioner untuk mengetahui karakter tiap peserta. Waktu mengisinya kurang dari 10 menit saja. Tapi hebatnya, dengan waktu sesingkat itu, Pak Henky bisa membaca karakter kami.

 

Setelah mengetahui karakter, kelebihan, dan kekurangan kita, maka kita bisa menyusun langkah berikutnya, yaitu menjadi solusi bagi orang lain. Jika kita ingin mengubah pemikiran dan perilaku orang lain agar dia bisa menjadi orang yang lebih baik, tentu kita juga butuh jurus. Inilah waktunya kita harus hidup cerdas atau “Live Smart”.

IMG_9958

 

Ada 2 langkah besar untuk hidup cerdas, yaitu dengan mengetahui Mental Perilaku (semangat, pola pikir, karakter, kebiasaan, budaya) dan memahami kekuatan Teknologi (internet, media sosial, situs, aplikasi di telepon pintar). Jika kita ingin berbagi informasi atau mengajak seseorang untuk mengikuti sebuah aktivitas positif, misalnya, maka kita harus tahu dulu seperti apa Mental Perilaku orang yang akan kita ajak. Barulah kita sampaikan ajakan melalui Teknologi yang kita miliki. Memahami Mental Perilaku membuat aksi kita efektif atau tepat sasaran, sementara Teknologi membuat pesan yang kita sampaikan bisa dilakukan secara efisien.

 

“Kita harus tahu seni mempengaruhi orang lain agar tujuan kita menjadi solusi bagi orang lain bisa tercapai. Seni ini melibatkan Spirit, Mind, Emotion, dan akhirnya Action,” terang Pak Henky.

 

Sebagai bagian dari seni mempengaruhi orang lain, Pak Henky pun menceritakan sebuah dongeng yang seru, yaitu tentang tikus yang ingin mengambil keju yang ada di perangkap tikus. Dia lalu meminta bantuan ayam, kambing, dan sapi. Tapi semuanya menolak dengan alasan, “itu bukan urusan saya”. Hanya ular yang mau membantu tikus. Tapi saat ular membantu mengambil keju, tanpa sengaja si ular malah menggigit kaki orang yang memasang perangkap tikus. Atas saran seseorang, si pemilik perangkap harus meminum sup ayam supaya cepat sembuh. Maka dipotonglah ayam yang tadi menolak membantu tikus. Kambing pun juga ikut dipotong demi obat kesembuhannya. Tapi si pemilik perangkap tak kunjung sembuh hingga akhirnya meninggal. Berdasarkan peraturan adat, sapi pun akhirnya ikut dipotong saat upacara kematian. Pesan apa yang ingin disampaikan Pak Henky dengan cerita itu? Ini nih, pesan moralnya:

IMG_9977

 

Sekali lagi Pak Henky menjelaskan, kalau mau sukses, maka kita harus tahu alat yang tepat. Kita harus punya KUDA agar bisa sampai ke tujuan sukses kita.

IMG_9982

 

Intinya sekali lagi, butuh “understanding” atau pemahaman serta “emotion” atau keterlibatan secara emosi, agar orang lain mau membantu kita agar bisa bersama-sama menjadi solusi. “Saat menjadi solusi atau ingin menjadi sukses, kita hanya cukup melakukan yang terbaik. Tak perlu jadi yang terbaik. Karena selalu ingin menjadi yang terbaik dan nomor satu akan membuat kita selalu tegang dan gelisah jika gagal. Sementara kalau kita melakukan yang terbaik, hati kita akan selalu senang dan ikhlas,” tegas Pak Henky.

 

“Be a helpful person. Do the best, not be the best,” kata Pak Henky.

 

Inilah asyiknya ikut Kelas Inspirasi. Setiap selesai acara, pasti dapat ilmu yang banyak banget. Sampai jumpa di KI bulan April. Pembicaranya adalah seseorang yang sejak SMP sudah membangun bisnis kecil-kecilan, dan kini sukses sebagai CEO perusahaan ternama. Yang mau ikutan, tunggu informasinya di Twitter @RumahHarapanVCF dan Facebook Rumah Harapan VCF ya! Sampai jumpa..

IMG-20150307-WA0024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>