Yayasan Sahabat Valencia Peduli    Blood4LifeID.com    3LitAngels   

Ayo #DukungFilmIndonesia.


Support Night Bus Movie    save our children - cosmic clothes   

Sponsor

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Astra International untuk Ruang Inspirasi Astra

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Kansai Paint - Official Coating of Rumah Harapan

TRACare - Official Transport of Rumah Harapan

JYSK

JYSK

JYSK>

Kelas Inspirasi 8: Curhat ke @newsplatter

 

Kelas Inspirasi Astra-RHVCF sudah masuk penyelenggaraan yang ke-8. Diadakan pada Sabtu, 6 Oktober 2015, pembicara kali ini adalah pakarnya media sosial yaitu Henry Manampiring. Beliau lebih akrab disapa Om Piring alias @newsplatter di dunia per-Twitter-an alias dunia Netizen.

 

Kelas Inspirasi bersama Om Piring agak berbeda dari biasanya. Tak ada presentasi, tak ada teori-teori. Om Piring membuat konsep kelas santai yang membolehkan pesertanya cerita apa saja dan bicara apa saja, selama masih ada hubungannya dengan media sosial. Konsep ini ternyata seru juga, karena selama dua jam lebih, para peserta berebut curhat soal berbagai masalah yang mereka hadapi di media sosial, hehehe…

 

Seperti biasa, dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Seperti biasa, dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

COHB4LfUcAAdK_d

curhat santai bersama Om Piring.

curhat santai bersama Om Piring.

 

Materi curhat bermacam-macam. Peserta yang punya toko belanja online curhat, apakah perlu membeli follower seperti yang kerap ditawarkan? Ada juga yang curhat tentang orang-orang yang gemar menyebarkan berita bohong atau hoax di dunia maya. Ada pula yang agak serius, yaitu bagaimana nasib Twitter di masa depan, mengingat masyarakat dunia maya sepertinya mulai beralih ke media sosial yang sifatnya audio visual seperti YouTube.

 

Om Piring pun menjawab semua pertanyaan dengan lugas. Soal membeli follower, beliau memberi nasehat, bahwa memiliki online shop, yang penting adalah branding dan transaksi yang berjalan. Tak ada gunanya memiliki banyak follower, apalagi follower palsu, karena tak berkaitan langsung dengan laris tidaknya sebuah perdagangan. Soal berita bohong, Om Piring juga menyarankan agar kita rajin-rajin mencari klarifikasi atau berita dari sumber lain sebelum menyebar berita tersebut. Intinya, banyak berpikir sebelum memposting atau men-tweet sesuatu.

 

Menurut Om Piring, siapapun yang memiliki akun di media sosial, harus bijak dalam menggunakannya. Karena nilai positif dan negatif sebuah media sosial bergantung pada bagaimana pemilik akun tersebut mengunakannya. Kalau kita pandai memanfaatkannya, kita bisa menghasilkan uang dari akun media sosial yang kita miliki.

 

Curhat panjang lebar bersama Om Piring akhirnya memberikan kesimpulan, bahwa bersikap hati-hati, bijak, dan kreatif sangat diperlukan saat kita mengelola akun media sosial yang kita miliki. Jika itu dilakukan, maka media sosial akan memberi manfaat bagi kita.

 

Lepas acara curhat-curhatan, entah karena terpukau dengan jawaban-jawaban Om Piring atau karena Om Piring adalah seorang selebtwit, mendadak Kelas Inspirasi jadi seperti ajang meet and greet alias jumpa fans. Buktinya, semua peserta berebut foto bareng Om Piring. Enggak hanya satu pose, tapi banyak pose. Bukan cuma berdiri atau selfie, tapi juga duduk. Pokoknya jadi seru dan lucu deh.

 

IMG-20150905-WA0012

Tuh kan, kayak acara jumpa fans :-D

Tuh kan, kayak acara jumpa fans :-D

 

Lepas foto-foto, ternyata masih juga ada acara foto-foto narsis, Yak, tentu, selesai acara, pasti ada Wefiee…

 

Kak Silly memberikan suvenir pada Om Piring.

Kak Silly memberikan suvenir pada Om Piring.

Ini dia Wefie-nya :-D

Ini dia Wefie-nya :-D

 

Kelas Inspirasi ke-8 ini sekaligus juga menutup program Kelas Inspirasi RHVCF bersama Astra International. Semoga lain waktu kami bisa menyelenggarakan program serupa yang lebih baik lagi. Doakan saja ya, kakak-kakak. Saat ini, selamat berpisah dan semoga jumpa lagiiiii…

 

COHzm4CUAAAp1tk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>