Yayasan Sahabat Valencia Peduli    Blood4LifeID.com    3LitAngels   

Ayo #DukungFilmIndonesia.


Support Night Bus Movie    save our children - cosmic clothes   

Sponsor

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Astra International untuk Ruang Inspirasi Astra

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Kansai Paint - Official Coating of Rumah Harapan

TRACare - Official Transport of Rumah Harapan

JYSK

JYSK

JYSK>

Phonna Siap Operasi Jantung

 

Namanya cantik, Phonna Asmaul Husna. Lahir di Dewantara, Kabupaten Aceh Utara pada 26 Oktober 2014. Phonna, yang dalam bahasa Aceh berarti “yang pertama” ini menderita jantung bocor. Satu katup jantungnya tak terbentuk.

 

Sejak umur 4 bulan, Phonna sudah sering sesak napas. Ini ditambah demam dan batuk-batuk. Belum lagi sariawan. Biasanya, Ibu Phonna, Maulida, hanya memberinya obat-obatan tradisional. Dari mulai rumah sakit di Bireun hingga Lhokseumawe juga sudah dikunjungi untuk berobat, tapi Phonna tak kunjung sembuh. Gara-gara sesak napasnya tak sembuh-sembuh, Phonna sampai ganti nama. Sesuai kepercayaan sebagai masyarakat, anak yang sakit-sakitan lebih baik diganti namanya biar cepat sembuh. Jadilah Phonna yang dulunya bernama Asyifa Phonna diganti seperti nama yang sekarang.

 

Phonna dan mamanya

Phonna dan mamanya

 

Tapi nyatanya, Phonna juga tak sembuh. Titik terang muncul justru ketika bocah bermata jernih ini dibawa ke puskesmas di kotanya, saat berumur 2 tahun. “Dokter anak di sana bilang, ini bukan sesak napas. Tapi jantung. Jantungnya Phonna sudah bengkak,” kata Maulida.

 

Dari penampilannya, Phonna memang kelihatan lemah. Beratnya hanya 6-7 kg. Padahal anak seusianya mestinya punya berat normal 8-9 kg. Phonna juga sering rewel, tak mau pakai baju. Tapi bocah bermata jernih ini masih doyan makan. “Makannya normal,” ujar ibunya.

 

Dari hasil di puskesmas, Phonna lalu dirujuk ke Banda Aceh. Di rumah sakit daerah baru ketahuan kalau jantung Phonna bocor, tak hanya satu tapi dua tempat. Bocor sebesar 1,5 mm dan 1,4 mm. Dari hasil ini, Phonna yang ayahnya hanya buruh bangunan langsung dirujuk ke RSCM Jakarta. Untunglah, ada BPJS yang membantu untuk pengobatan.

 

Kalau sudah sembuh, pasti Phonna tambah cantik :-)

Kalau sudah sembuh, pasti Phonna tambah cantik :-)

 

Sampai di Jakarta pada Maret 2017, Phonna langsung menjalani pemeriksaan intensif. Setelah pemeriksaan itulah, Phonna mendapat jadwal untuk operasi jantung pada November 2017. Phonna boleh pulang, tapi nanti harus kembali lagi ke Jakarta bulan Juli untuk pemeriksaan lebih lanjut jelang operasi.

 

Semoga Phonna bisa cepat sembuh ya, Sayang :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>