Yayasan Sahabat Valencia Peduli    Blood4LifeID.com   

Sponsor

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Astra International untuk Ruang Inspirasi Astra

JYSK

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Kansai Paint - Official Coating of Rumah Harapan



JYSK

Radja Siap Lawan Kanker Tulang

 

Yang ini namanya Radja Achmad Pradana. Usianya 9 tahun, asal Jambi. Bulan Oktober 2016 lalu, Radja baru saja divonis terkena sarkoma ewing atau kanker tulang.

 

Jpeg

 

Awalnya, pinggang Radja bengkak. Ukurannya memang tak terlalu besar, pipih, tapi keras.  Saat dirontgen di rumah sakit pun, dokter mengatakan hasilnya Radja tak mengidap penyakit berat. Namun saat ibunya Radja, Erni, membawanya ke rumah sakit Siloam untuk meminta pendapat alternatif (second opinion), di sana ternyata Radja disebut memiliki tumor, meski masih jinak. “Benjolannya kira-kira 8,5 cm. Harus dikemo tapi harus di Jakarta,” kata Erni.

 

Karena kesulitan keuangan akibat ayah Radja baru saja di-PHK, Radja tak langsung dibawa ke Jakarta. Baru satu bulan kemudian, Erni membawanya ke Jakarta. Selama di ibu kota, mereka terpaksa menumpang di rumah teman ayah Radja di daerah Tanah Tinggi. “Sebenarnya sungkan karena baru pertama kali itu ketemu. Terus kondisi rumahnya juga tidak bagus untuk kesehatan Radja. Dia sampe drop lagi. Asma saya pun juga sempat kambuh di sana,” cerita Erni.

 

Radja dan Mama Erni

Radja dan Mama Erni

 

Untunglah, akhirnya Erni menemukan Rumah Harapan Indonesia (RHI). Tadinya, kami sempat menyarankan agar Radja dan Erni tinggal di rumah singgah yang lebih dekat dengan RSCM, namun rupanya setelah melihat kondisi rumah singgah tersebut, Radja lebih memilih tinggal di RHI.

 

Saat ini, Radja memang belum mendapat perawatan intens meski sudah dua minggu di Jakarta. “Padahal di daerah bokongnya itu nyeri. Ada benjolan yang semakin besar. Tapi ya kami masih menunggu perintah dari RSCM,” katanya.

 

Jalan untuk pengobatan Radja bisa dipastikan masih sangat panjang. Semoga saja Radja tetap kuat dan semangat menjalaninya ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *