Yayasan Sahabat Valencia Peduli    Blood4LifeID.com    3LitAngels   

Ayo #DukungFilmIndonesia.


Support Night Bus Movie    save our children - cosmic clothes   

Sponsor

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Astra International untuk Ruang Inspirasi Astra

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Kansai Paint - Official Coating of Rumah Harapan

TRACare - Official Transport of Rumah Harapan

JYSK

JYSK

JYSK>

Taman Baca Anak Lebah di RH Diresmikan

 

Akhirnya, hari Senin, 12 Januari 2015, Pojok Lebah milik Taman Baca Anak Lebah (TBAL) resmi berdiri di Rumah Harapan. Pojok Lebah yang ada di lantai 2 RH bahkan diresmikan langsung oleh pendiri TBAL Kak Elvera Nuriawati Makki (Vera Makki) dan Kak Rismadhani Chaniago (Dhani) dari divisi Program & Development TBAL.

Dari kanan ke kiri: Kak Dhani, Kak Vera, Kak Silly,  Kak Meidy, dan Tyas.

Dari kanan ke kiri: Kak Dhani, Kak Vera, Kak Silly, Kak Meidy, dan Tyas.

 

Rencana pendirian Pojok Lebah TBAL sudah dilontarkan jauh-jauh hari oleh Kak Vera Makki ke Kak Silly. Sejak awal Desember lalu, pemilihan dan pengiriman buku untuk Pojok Lebah di RH juga sudah dilakukan oleh Kak Dhani dan Kak Andre. Menurut Kak Dhani, penyortiran buku sangat penting untuk dilakukan karena tidak semua buku cocok untuk dibaca anak-anak. Atau ada buku yang lebih tepat ditaruh di satu tempat daripada di tempat lain. “Misalnya cerita Spongebob kan untuk anak-anak, tapi ada beberapa ¬†ceritanya yang tidak baik jika dibaca anak-anak,” kata Kak Dhani.

Kak Andre dan Kak Dhani menyortir dan mendata buku TBAL di RH.

Kak Andre dan Kak Dhani menyortir dan mendata buku TBAL di RH.

 

Pojok Lebah TBAL di RH tentu saja disambut gembira oleh anak-anak dampingan yang tinggal sementara di sini. Tyas misalnya, mengaku sudah membaca semua buku yang ada di Pojok Lebah. Memang, sebelum diresmikan, sudah banyak buku-buku di Pojok Lebah yang sudah bisa langsung dibaca oleh adik-adik ini. Favorit Tyas adalah komik-komik yang ceritanya lucu.

 

Buat kakak-kakak yang belum tahu soal TBAL, komunitas ini adalah komunitas yang fokusnya menggerakkan minat baca anak-anak di kawasan terpencil, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Sejauh ini, TBAL sudah mendirikan taman baca di Ambon, Saparua, Pulau Seram, Wakatobi, dan Lombok. Taman baca tersebut ada yang berdiri sendiri, ada pula yang dibuat di sekolah PAUD atau di rumah warga sekitar. Buku-buku dari TBAL adalah hasil donasi dari masyarakat luas, baik yang langsung berupa buku maupun berupa uang tunai untuk kemudian dibelikan buku.

 

Semoga saja Pojok Lebah TBAL bisa bermanfaat banyak untuk anak-anak, khususnya adik-adik dampingan di RH untuk bisa mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan bermanfaat. Amiinn..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>