Yayasan Sahabat Valencia Peduli    Blood4LifeID.com    3LitAngels   

Ayo #DukungFilmIndonesia.


Support Night Bus Movie    save our children - cosmic clothes   

Sponsor

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Astra International untuk Ruang Inspirasi Astra

Central Spring Bed - Official Beds of Rumah Harapan

Kansai Paint - Official Coating of Rumah Harapan

TRACare - Official Transport of Rumah Harapan

JYSK

JYSK

JYSK>

Tanpa Kacamata, Kita Bisa Apa?

 

Percayakah kakak-kakak sekalian, bahwa kacamata bisa menentukan kecerdasan seorang anak? Kalau tidak percaya, baca data berikut ini.

 

Menurut data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan tahun 2013, 4,6% dari total populasi penduduk Indonesia memakai kacamata koreksi refraksi dan lensa mata alias kacamata minus. Sementara itu, data WHO menyebutkan, 80% dari kasus gangguan penglihatan bisa dicegah. Sayangnya, 90% dari kasus gangguan penglihatan diderita oleh masyarakat dari keluarga berpenghasilan rendah.  

 

Nah, jika gangguan penglihatan tersebut dialami oleh anak-anak usia sekolah (5-19 tahun) dari keluarga tidak mampu, apa yang terjadi? Gangguan refraksi tersebut akan berpengaruh pada perkembangan kecerdasan anak. Otak dan mata dihubungkan oleh syaraf optis. Saat mata rusak, tentu akan mempengaruhi otak. Begitu juga sebaliknya. Lagipula, jika anak-anak tidak mampu atau salah membaca tulisan karena gangguan penglihatan, tentu otak juga akan salah mempersepsikan makna tulisan tersebut. Intinya,  proses belajar yang terhambat akan mempengaruhi mutu, kreativitas dan produktivitas pada usia produktif kelak, yaitu 15-64 tahun.

 

Sayangnya lagi, di Indonesia, dari 66 juta anak usia sekolah (5-19 tahun), 10% mengalami gangguan akibat kelainan refraksi. Angka pemakaian kacamata koreksi pun masih rendah, yaitu hanya 12,5%.

 

Lalu, apa hubungannya data ini dengan Rumah Harapan? Nah, karena fokus kegiatan kami adalah pada kesehatan anak-anak, saat ada program bernama GenerAKSI SEHATIndonesia yang membagikan kacamata gratis untuk anak-anak SD dan SMP dari keluarga tidak mampu di seluruh Indonesia, kami pun bergabung dengan program ini. Jadi, ini adalah program dari Astra International melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), menyambut Hari Kesehatan Nasional yang jatuh tiap tanggal 12 November.

 

Yang menarik, program GenerAKSI SEHATIndonesia ini turut mengajak masyarakat untuk berpartisipasi. Caranya dengan mengunggah foto komitmen sehat mereka ke media sosial dengan tagar #generAKSISEHATIndonesia. Setiap foto yang diunggah oleh siapapun, akan dihitung sebagai satu kacamata untuk anak-anak yang membutuhkan.

Ini komitmen sehat para relawan RH yang diposting di Twitter.

Ini komitmen sehat para relawan RH yang diposting di Twitter.

 

Program ini berlangsung pada 10 Oktober-30 November 2014. Dengan rentang waktu tersebut, terkumpul 4.005 kacamata yang diberikan ke anak-anak di wilayah Jakarta, Atambua (NTT), dan Nunukan (Kalimantan Timur). Untuk di wilayah Jakarta, Rumah Harapan berkesempatan untuk ikut serta mengikuti penyerahan kacamata di SMP Mekar Tanjung, Warakas, Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

 

Di SMP ini, diserahkan 54 kacamata, termasuk kacamata untuk Rukun, anak kelas 8 (SMP kelas 2) yang minusnya sampai 16. Dan kacamata pemberian GenerAKSI SEHATIndonesia ini adalah kacamata pertama yang dipakai Rukun! Saking terharunya, Rukun sampai menangis terharu saat mendapat kacamata ini.

Rukun, dengan kacamata minus 16 sekaligus kacamata pertamanya.

Rukun, dengan kacamata minus 16 sekaligus kacamata pertamanya.

 

Selain pemberian kacamata, dilakukan juga penyuluhan tentang kesehatan mata dan perawatan kacamata.

Suasana penyuluhan dan penyerahan kacamata

daftar kacamata

Suasana penyuluhan dan penyerahan kacamata.

 

Dengan kegiatan ini, kami berharap Rumah Harapan bisa sedikit memberi kontribusi bagi kesehatan anak-anak dari keluarga yang tidak mampu yang ada di seluruh Indonesia. Tentu saja, untuk itu, kami tidak ragu untuk bekerja sama dengan perusahaan atau lembaga manapun juga. Karena demi kebaikan anak-anak, apapun akan kami lakukan :-)

3 Responses to Tanpa Kacamata, Kita Bisa Apa?

  1. Selamat malam.
    Maaf, apakah program ini akan ada lagi untuk Januari 2016?
    Khususnya untuk anak SD.
    terimakasih.

    • Hallo Kak Erik,

      Program ini dibuat oleh perusahaan Astra International. Kami di RHVCF hanya berlaku sebagai mitra pendukung. Untuk mengetahui apakah program ini akan diadakan lagi pada tahun ini, silakan cek situs resmi Astra saja, kak. Terima kasih sudah mampir di sini, ya kak. Salam :-)

  2. Iskandar muda lubis

    Selamat sore
    Saya mau nanya boleh di share gak file brosur kacamata yg resolusinya bisa untuk di cetak sebab saya punya rencana mau cetak brosur kacamatanya. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>